Info Jalan Tol - SkyscraperCity Lampung

Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung

Info Jalan Tol

Mau mencoba Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni hingga Palembang sejauh kurang lebih 362,9 km? Berikut ini SSCI Lampung akan memberikan informasi terkini mengenai Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung yang saat ini tersambung hingga ke Palembang (Jakabaring), Sumatera Selatan, peta jalan, serta tarif yang berlaku.

Kondisi Jalan Tol

Tol Trans Sumatera dari Bakauheni hingga Jakabaring sudah beroperasi penuh sejauh kurang lebih 362,9 km. Salah satu bagian dari koridor utama jaringan Tol Trans Sumatera ini terdiri dari Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140 km, Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) sejauh 189 km, dan Tol Kayu Agung – Jakabaring (bagian dari Ruas Tol Kapalbetung) sejauh 33,5 km. Untuk ruas Tol Bakter dan Tol Terpeka saat ini dikelola oleh Hutama Karya. Sedangkan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung (Kapalbetung) sejauh 111,69 km dikelola oleh oleh PT Waskita Sriwijaya Tol, sebuah anak usaha dari PT Waskita Tollroad, dan juga cucu usaha PT Waskita Karya.

Ruas Tol Bakter diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 8 Maret 2019; dan Ruas Terpeka diresmikan pada 15 November 2019 lalu, dan menjadi ruas jalan tol terpanjang di Indonesia. Sedangkan Ruas Kayu Agung – Palembang (Jakabaring) sejauh 33,5 km telah beroperasi penuh sejak 1 April 2020 di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Walaupun sudah dapat dilalui, namun keberadaan rest area masih terbatas. Saat ini baru ada 2 rest area permanen yang sudah jadi, yaitu di KM 89 Ruas Bakter, dan KM 213 Ruas Terpeka. Sedangkan sisanya masih dalam tahap pembangunan.

Selama pandemiĀ Covid-19, Jalan Tol Trans Sumatera tetap melayani kendaraan di tengah larangan mudik, termasuk kendaraan golongan 1. Namun yang diperbolehkan adalah yang melakukan perjalanan di dalam Lampung saja. Dalam rangka pengawasan tersebut, PT Hutama Karya membuat titik penyekatan kendaraan pribadi di Jalan Tol Trans Sumatera, dengan bekerja sama dengan berbagai instansi baik di Lampung maupun Sumatera Selatan, seperti Polda, Polres setempat, Patroli Jalan Raya, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP.

Info selengkapnya cek di sini!

Peta

Berikut ini Peta Jalan Tol Trans Sumatera dari ujung Provinsi Lampung hingga Sumatera Selatan.

Peta Tol Lampung
tol2
tol3

Tarif Tol

Pembayaran jalan tol saat ini wajib memakai uang elektronik. Uang elektronik yang berlaku ada Flazz (BCA), E-Toll / E-Money (Mandiri), TapCash (BNI), Brizzi (BRI), dan Blink (BTN).

Untuk ruas Tol Kayuagung-Jakabaring saat ini tidak dikenakan tarif, sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Tarif baru diberlakukan apabila Surat Keputusan (SK) dari Menteri PUPR sudah terbit.

Ingat ya! Jalan tol sudah TIDAK MENERIMA PEMBAYARAN UANG TUNAI lagi ya! Jadi, pastikan saldo uang elektronik kalian CUKUP ya, supaya GAK ANTRI di gerbang tol keluar!

83205366_1113687105637625_6284005891073330183_n